Jumat, 21 September 2012

Menggunakan menu pada lembar kerja Excel

Title Bar : merupakan baris judul yang akan menampilkan dokumen aktif.
Menu File : menu yang digunakan untuk operasional file. Dalam menu File masih terdapat submenu atau yang lebih dikenal dengan pull down. Terdapat 17 menu pull down dalam menu File. Masing-masing menu pull down mempunyai fungsi sendiri-sendiri.
Menu Edit : berguna pengeditan dokumen dan perbaikan dokumen. Dalam menu Edit terdapat 16 menu pull down dan 2 menu cascading yaitu submenu Fill dan Clear.
Menu View : merupakan menu yang berkaitan dengan penampilan dokumen pada lembar kerja. Menu View ada 11 menu pull down dan 1 menu cascading, yaitu submenu Toolbars.
Menu Insert : merupakan menu yang berfungsi untuk menu penyisipan. Menu Insert memiliki 8 menu pull down dan 2 menu cascading yaitu submenu Name dan Picture.
Menu Format : digunakan untuk menangani kesalahan pemformatan kolom dan baris. Menu Format ada 7 menu pull down dan 3 menu cascading yaitu submenu Row, Column, dan Sheet.
Menu Tools : merupakan menu untuk melakukan perbaikan, pengecekan ejaan, mengunci dokumen dan lain-lainnya. Dalam menu ini terdapat 17 menu pull down dan 7 menu cascading.
Menu Data : berfungsi untuk memanipulasi dan perubahan data yang telah dibuat misalnya mengurutkan, menyortir, dan mengimpor data dari tempat lain. Dalam menu Data ada 12 menu pull down dan 4 menu cascading.
Menu Window : berkaitan dengan penampilan lembar kerja yang ada di layar monitor. Dalam menu Window terdapat 6 menu pull down dan tidak mempunyai menu cascading.
Menu Help : merupakan menu bantuan. Jika kita menginginkan petunjuk dalam operasional atau perintah maka dapat menggunakan menu Help. Menu Help mempunyai 8 menu pull down.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar