Kamis, 15 Agustus 2013

Belajar Microsoft Excel (Formula IF-Basic)

CARA MEMBUAT TABEL DENGAN EXCEL

Cara Membuka Microsoft Office Word 2007

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2003, 2007, 2010 dan 2013


Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2003, 2007, 2010 dan 2013

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2003
Kelebihan
Kekurangan
1. Berjalan lebih cepat
2. Installer tidak besar
3. Lebih optimal untuk mereka yang hanya menggunakan office secara umum
4. Office 2003 lebih familiar dan mudah penggunaannya. Karena kita sudah terbiasa menggunakannya
5. Office 2003 lebih ringan dan mudah digunakan.
1. Fitur web yang dimiliki kurang lengkap
2. File yang dihasilkan ukurannya lebih besar dibanding office 2007
3. Security yang tidak sebaik office 2007
4. Terlihat 'jadul'
5. Menu-menunya terlihat berantakan
6. Sidebar (pada startup) yang dapat mempersempit 'space' pada lembar kerja.

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2007
Kelebihan
Kekurangan
1. Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus)
2. File yang dihasilkan lebih kecil
3. Proses pengerjaan yang lebih murah (Contoh ; pembuatan presentasi akan lebih cepat dan lebih profesional dengan Office 2007)
4. Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.
5. Office 2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (mungkin kita tidak perlu menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto)
6. Ribbon, fitur yang baru dan mencolok di semua program-program Office 2007, agar memudahkan pengguna mengaksesnya
7. Table Style, fitur baru yang lain dari Office Excel 2007 agar lebih indah dilihat.
8. row dan column yang disediakan lebih banyak, tepatnya Office Excel 2007 menyediakan ruang hingga selebar 1048576 baris (row) dan 16384 kolom (column) dan rumus yang disediakan Office Excel 2007 lebih banyak
1. Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan
2. Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
3. Installer yang lebih besar
4. Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB)
5. Minimal OS Windows XP dengan SP2.


Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2010
Kelebihan
Kekurangan
1. Fasilitas di dalamnya sangat lengkap karena sekarang ini Microsoft Word 2010 lah yang versinya paling tinggi pada saat ini.
2. Saat pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.
3. Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.
4. Gaya tulisan yang semakin bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office 2007.
5. Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasai Office 2007.
6. Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung.
7. Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.
8. Terdapat ‘quick acces toolbar’.
9. Untuk MS Word 2010, saat menu utama diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon, seperti untuk Microsoft Word 2007.
10. Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.
11. Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas, layaknya Microsoft Word 2007.
12. Terdapat 7 menu utama layaknya Microsoft Word 2007.
13. Toolbar ditampilkan secara vertikal sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
14. Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
15. Save as lebih variatif. Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan support Microsoft Office, bahkan terhadap open source.
16. Template baru dan tambahan dari Microsoft Word 2007.
17. Menyimpan file untuk web terasa lebih mudah dibanding pada edisi yang sebelum-sebelumnya.
18. Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di ikon tersebut.
19. Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.
20. Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan lagi menemukan ‘Office Button’, image berlogo Windows layaknya jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.
21. Fungsi print preview dan print telah terintegrasi dengan full-window pada menu File.
22. Pada Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.
23. Loading lebih cepat dan lebih ringan.
1.  Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
2. Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
3. Tidak terdapat ‘Office Button’.
4. Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2010.
5. Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu.






Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2013
Kelebihan
Kekurangan
1. Dioperasikan Dengan Layar Sentuh
Untuk pertama kali, Word, Excel, Power Point, dan Outlook dikontrol dengan layar sentuh seperti membuka, menggeser untuk memperbesar dapat dilakukan pada dokumen, file, dan presentasi.
2. Kelebihan di PowerPoint 2013
Document, Slide, dan presentasi dapat ditampilkan di layar mobile, digambar, ditampilkan atau disembunyikan dengan digital pen, stylus atau bahkan jari.
3. Cloud Service
Penggabungan beberapa fitur Cloud untuk MS Office 2013 mendefinisikan bahwa MS Office 2013 menjadi sebuah “layanan”. Melalui fitur ini orang dapat mengakses, mengedit dan menyimpan ke semua perangkat yang berbasis Windows di manapun lokasinya.
4. Touch Control
Microsoft juga berencana mengintegrasikan MS Office 2013 ke perangkat tablet, oleh karena itulah, mengapa MS Office 2013 telah mendukung fungsi kontrol sentuh. Seperti diketahui, Microsoft beberapa waktu yang lalu memperkenalkan model tablet Surface. Bisa dikatakan dengan menggunakan fitur ini dapat memberikan komputasi yang maksimal, meskipun menggunakan perangkat tablet.
5. Utilising Social Media
Microsoft rupanya telah melihat di mana setiap orang hidup di social media, oleh karena itu MS Office mengintegrasikannya. Versi baru dari Sharepoint diperbaharui dan memungkinkan melihat newsfeeds dan sharing layaknya Facebook atau Google +. Bukan hanya itu saja, MS Office akan mengintegrasikan Skype, Lync (layanan komunikasi dan meeting) dan Yammer. dengan fitur ini MS Office 2013 menawarkan kemudahan berbagi dan bertukar informasi dan melakukan komunikasi.

6. Spesifikasi Minimum Office 2013

·       Computer and processor: 1 Ghz or greater x86/x64 Processor with SSE2 instruction set
·       Memory: 1 GB RAM (32 Bit) /2 GB RAM (64 Bit)
·       Hard disk: 3.5 GB free disk space
·       Operating System: Windows 7 or newer, either 32-bit or 64-bit; Windows 2008R2 or newer with .Net 3.5 or greater. It isn’t possible to install on a PC running Windows XP or Vista. To use with Windows 8 you must be running the Release Preview version or higher. Get the Release Preview.
·       Graphics: Graphics hardware acceleration requires DirectX10 graphics card and 1024 x 576 resolution

1.  Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
2. Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
3. Tidak terdapat ‘Office Button’.
4. Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2013.
5. Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu.































KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAHAN KATA


Open Office 3.x writer
Kelebihan
Kekurangan
·       ringan
·       Dapat membuka format dari MS Word tipe apapun termasuk tipe .docx.
·       Dapat mengkonvert ke bentuk .pdf secara langsung seperti save as biasa.
·       Memiliki lebih banyak tipe file untuk penyimpanan (dapat menyimpan file dalam format yang dimiliki MS Word 2007).

·       Jika membuka file dari tipe .docx sering kali formatnya berubah.
·       Jika menyimpan ke bentuk .rtf, setelah dibuka di MS Word formatnya juga berubah.
·       Peletakan panel (tombol) untuk mengedit spasi sulit ditemukan.
·       Untuk membuat page break seperti di word susah ditemukan panel (tombol)nya.
·       Tidak dapat mempublish tulisan ke blog.
·       Tidak bisa menggunakan equation untuk menulis rumus.



Corel Word Perfect
Kelebihan
Kekurangan
·       Tampilan dapat diatur dengan mudah, karena kita dapat mengaksesbantuan secara online.
·       Dapat membaca file yang dibuat di microsoft office (Word, Excrl, Powerpoint).
·       Harga lebih murah dibandingkan microsoft word.
·       Komputer yang digunakan harus memiliki memorio minimal 128MB
·       Komputer yang digunakan harus memakai processor pentium3 atau sederajat.


Microsoft Office Word
Kelebihan
Kekurangan
·       Mudah digunakan (user friendly)
·       Fitur lengkap sesuai kebutuhan
·       Mampu membuat berbagai jenis dokumen antara lain surat, buku, publikasi dan gambar sederhana.

·       Satu software harus diinstal untuk satu computer dengan membayar lisensi yang mahal.




Lotos Word Pro
Kelebihan
Kekurangan
·       Dapat mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word.
·       Dapat membuka file dari beberapa aplikasi pengolah kata lain.
·       Memungkinkan pengguna mendiktekan teks yang ingin diketikkan secara langsung.
·       Memiliki fasilitas Helpfull menu finder yang membantu penggunamenemukan perintah yang ada pada Ms. Word dan WordPro.
·       Memiliki fasilitas yang berhubungan dengan internet. Sehingga penggunadapat langsung mengirim email dari jendela WordPro.
·       Memiliki kemampuan untuk membuat File HTML.
·       Word dikeluarkan dalam bentuk  Microsoft Office yang berisis amplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel
·       , Microsoft Acces, Microsoft PowerPoint.

·       Kelemahan aplikasi ini adalah membutuhkan spesifikasi perangkat keras

Star Office Writer
Kelebihan
Kekurangan
·       Powerfull dan Full Features.
·       Memiliki banyak aplikasi.
·       Integrasi aplikasi office.
·       Kompatibel dengan Ms. Office.
·       Starwriter dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file dengan ekstensi rtf, doc, dll.
·       StarImpress dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file presentasi dengan ekstensi ppt.
·       Harga murah (kita cukup keluar uang untuk membeli CD atau koneksi internet untuk men-download tanpa perlu membayar lisensi untuk penggunaan non komersial).
·       Lebih Stabil dan tahan virus (StarOffice versi Linux) karena berjalan dalam platform sistem operasi Linux.

·       Lambat ketika dijalankan pertama, karena StarOffice merupakan integrasi kumpulan program aplikasi, sehingga jika dijalankan maka StarOffice akan memanggil program-program aplikasi yang merupakan suite officenya.

Belajar Excel bagi Pemula



Belajar Programming VBA di Excel

Artikel Tutorial dan Tips Excel 2007

  1. Rumus / Formula pada Excel 2007
  2. Merubah Tampilan PivotTable Excel 2007 Menyerupai Excel 2003
  3. ADDRESS: Mengambil Teks Alamat Cell berdasarkan Kolom dan Baris
  4. Apa itu Array Formula pada Excel ?
  5. Menggunakan Fungsi VLookup Pada Excel 2007
  6. Contoh Penggunaan Fungsi SumIF
  7. Penggunaan Fungsi IF pada Excel
  8. Menghitung Rata-rata dengan Average
  9. PivotTable 2007
    1. PivotTable Dasar
    2. Filter pada PivotTable
    3. Calculated Field vs Calculated Item di Pivot Table
  10. Penggunaan Fungsi Index dan Match pada Excel 2007
  11. ADDRESS: Mengambil Teks Alamat Cell berdasarkan Kolom dan Baris
  12. Membuat Grafik Batang pada Excel 2007
  13. Mengaktifkan Solver di MS Excel 2007
  14. Proteksi Worksheet Excel 2007 dengan Password
  15. Import Data Access MDB ke dalam Excel 2007
  16. Koneksi ke Database MySQL dari Excel 2007
  17. Penggunaan Rumus pada Excel 2007
  18. Format Angka Fraction pada Excel 2007
  19. Proteksi Worksheet Excel 2007 dengan Password
  20. Mengaktifkan Tab Developer pada Ribbon Excel 2007
  21. Menggunakan Freeze Panes pada Excel 2007

Artikel Tutorial dan Tips Excel 2010

    Daily Tips - Excel