Rabu, 08 Januari 2014

Rumus Rumus Excel

Salam Sobat......

GFT kembali berbagi posting dunia Microsoft Office dan kali ini tentang rumus - rumus yang digunakan dalam Excel, di bawah ada beberapa rumus yang fungsinya berbeda tergantung sobat membutuhkan apa. silahkan di simak dan setelah itu praktekan, jangan hanya di baca saja karena dengan mempraktekannya ilmu akan mudah di ingat ketika kita membutuhkannya.....

Fungsi Matematika dan Statistika


Fungsi
Kegunaan
Penulisan
SUM
Menjumlahkan pada angka pada sel atau range ttt
=SUM(angka 1, angka 2,...)
=SUM(alamat range)
MAX
Menampilkan nilai terbesar dari suatu range data numerik
=MAX(angka 1, angka 2,...)
=MAX(alamat range)
MIN
Menampilan nilai terkecil dari suatu range data numerik
=MIN(angka 1, angka 2,...)
MIN(alamat range)
AVERAGE
Menampilan rata-rata dari suatu range data numerik
=AVERAGE (angka 1, angka 2,...)
=AVERAGE(alamat range)
COUNT
Menghitung jumlah data yang bersifat numerik dari suatu range
=COUNT(angka 1, angka 2,...)
=COUNT(alamat range)






















Fungsi 
Kegunaan
Penulisan 
COUNTIF
Menghitung jumlah data yang bersifat numerik yang terdapat pada range tertentu sesuai dengan kriteria yang ditentukan
=COUNTIF(range,criteria)
COUNTA
Menghitung jumlah semua jenis data dari suatu range
=COUNTA(angka 1, angka 2,...)
=COUNTA(alamat range)
SUMIF
Menjumlahkan data yang bersifat numerik dalam suatu range data dengan kriteria tertentu
=SUMIF(range,criteria,sum_range)


Contoh Penggunaan:

  
Fungsi Lookup dan Referensi



Fungsi
Kegunaan
Penulisan
INDEX
Menampilkan data (isi dari suatu set)pada tabel array berdasarkan nomor baris dan nomor kolom
=INDEX(array,row_num,col_num)
VLOOKUP
Menampilkan data berdasarkan tabel referensi dalam format vertikal.Syarat penyusunan tabel referensi harus urut.
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index,num)
HLOOKUP
Menampilkan data berdasarkan tabel referensi dalam format horisontal.Syarat penyusunan tabel referensi harus urut.
=HLOOKUP(lookup_value,table_array.col_index,num)


Contoh Penggunaanya :


Tes Logika



Fungsi
Kegunaan
Penulisan
IF (satu logika)
Untuk menghasilkan nilai dari satu logika yang diuji kebenaranya.
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
IF (lebih dari satu logika)
Untuk menghasilkan nilai dari lebih dari satu logika yang diuji kebenaranya
=IF(logical_test1,value_if_true,IF(logical_
test1,value_if_truevalue_if_false))
IF OR
Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika seluruhargumen salah.
=IF(OR(logical_test1,logical_test2,
value_if_true,value_if_false)
IF AND
Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika salah satu argumen salah.
=IF(AND(logical_test1,logical_test2,value_if_true,value_if_false)


Contoh Penggunaan IF



Contoh Penggunaan IF AND & IF OR 


Rumus Rumus dalam Excel, Oke sobat moga bermanfaat, sekali lagi jangan hanya di baca akan tetapi langsung di praktekan agar dikemudian hari ketika dibutuhkan tidak lupa....

Sumber: http://gratisfulltain.blogspot.com/2013/02/rumus-rumus-excel.html