Minggu, 16 September 2012

Membersihkan virus shortcut win32:ramnit

Membersihkan virus shortcut atau biasanya dikenali oleh antivirus sebagai Ramnit. Virus Ramnit merupakan virus yang cukup terkenal saat ini karena kemampuanya yang cukup membuat pusing pengguna komputer yang terserang virus Ramnit. Virus ini pun dapat menginjeksi ke dalam file .exe seperti hal yang virus sality. Berikut ini beberapa tanda terserang virus Ramnit.
  • Virus akan membuat browser Internet Explorer menampilkan halaman yang berisi penawaran iklan, game, dan terkadang gamabar porno dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet.
  • Gejala selanjutnya adalah, icon removable media berubah menjadi icon folder. Setelah itu pengguna tidak dapat mengakses flashdisk tersebut dengan peringatan Access is denied. Dan terakhir muncul pula pesan Compressed (zipped) Folders pada saat mengklik drive tersebut.
  • Muncul banyak file dengan nama file ‘Copy of Shortcut to (1).lnk’ s/d ‘Copy of Shortcut to (4).lnk’ di flashdisk pengguna. File ini digunakan oleh virus untuk menggandakan dirinya ketika dieksekusi pengguna.
  • Salah satu hal yang unik dan membuat virus ini sangat mudah aktif dan sulit dibasmi adalah setiap kali user melakukan klik kanan. Selain menampilkan menu klik kanan, secara tidak langsung pengguna komputer juga telah menjalankan virus ini.
Selain ciri-ciri tersebut, perlu diketahui juga bahwa Ramnit juga memiliki file induk yang sudah dipersiapkan di direktori [%USB Flash%:RECYCLER%nama_acak%.exe]. Virus ini juga akan menjangkit file berekstensi exe, dan setiap file exe yang terinfeksi akan mempunyai ukuran 107KB lebih besar dari ukuran awalnya. Selain itu Ramnit akan menduplikasikan file tersebut di dalam folder yang sama. (sumber: vaksin)
Cara mengatasi Virus Ramnit adalah dengan menggunakan  berbagai Tools dengan nama yang bermacam-macam,s eperti: Ramnit Killler, Ramnit Cleaner, Ramnit Remover, Ramnit Removal.
  1. PCMAV Express for Ramnit, Tools ini sudah disediakan oleh PCMAV sebelum diluncurkannya versi PCMAV 5.2 bulan lalu. Silakan download dari sini.
  2. Dr. Web Antivirus, antivirus ini memiliki kemampuan untuk membersihkan Ramnit dari file dan komputer yang terjangkit oleh virus ini, selain itu kemampuannya untuk membersihkan virus sality pun sudah tidak disangsikan lagi. Silakan download dari sini http://www.freedrweb.com/cureit/?lng=en sedangkan untuk Dr. Web Live CD silakan download dari sini http://www.freedrweb.com/livecd/?lng=en

Tidak ada komentar:

Posting Komentar