Kamis, 20 September 2012

ISTILAH-ISTILAH YANG SERING DI JUMPAI DALAM DUNIA INTERNET (KOMPUTER)

 
ISTILAH-ISTILAH YANG SERING DI JUMPAI DALAM DUNIA INTERNET (KOMPUTER)
Ada banyak istilah atau kata-kata yang sering di jumpai di internet, tetapi terkadan tidak mengetahui apa maksud dan arti istilah tersebut sehingga membuat pengguna menjadi kesulitan untuk mengikuti petunjuk yang ada. Agar dalam penggunaan internet menjadi lebih mudah mungkin ada baiknya untuk mengenal istilah-istilah dasar pada dunia internet atau computer. Berikut beberapa istilah yang sering di jumpai pada dunia internet :
1.       Intranet
Sama dengan internet tetapi dalam jaringan local yang labih kecil, sebagai contoh adalah beberapa komputer pada sebuah kantor yang saling terhubung untuk memudahkan pengguna atau karyawan saling bertukar data.
2.       Browser atau web browser
Adalah program yang digunakan untuk mengakses internet, seperti internet explorer, mozilla firefox, dan masih banyak browser yang tentunya sudah sangat banyak dijumpai.
3.       HTML (Hyper Text Mrk-up Language)
Merupakan kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
4.       Server
Adalah sebuah computer induk yang memberi layanan kepada computer-komputer lain. Pada internet, computer server berfungsi sebagai media penyimpanan dokumen web dari suatu situs.
5.       Client
Computer client adalah computer penerima layanan dalam suatu jaringan. Ketika pengguna internet menggunakan computer untuk mengaskes internet, maka computer yang digunakan sering disebut sebagai computer client karena menggunakan layanan dari server yang dikunjungi.
6.       Bandwith
Ukuran kemampuan suatu jaringan untuk mentransfer data dalam waktu tertentu. Satuan yang biasa dipakai untuk ukuran bandwith adalah Mbps (mega bits per second), atau Kbps (kilo bits per second).
7.       Search Engine
Program yang sering digunakan pada website untuk melakukan pencarian informasi yang ada di internet, misalkan google.com, atau yahoo dan masih ada berbagai macam program-program lainya yang dapat dipergunkan.
8.       Wbsite
Kumpulan dari halaman web yang memiliki keterkaitan. Website sering juga disebut dengan situs, situs web, site.
9.       URL
Uniform Resource Locator, adalah sebuah system pemberian nama alamat website. URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.
10.   Hompage
Halaman pertama dari sebuah website.
11.   Web Page
Adalah istilah yang digunakan untuk sebuah halaman web, sebuah halaman webn merupakan file HTML.
12.   Hypertext Link (hyperlink) atau link
Link adalah gambar atau tombol pada halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain. Untuk mengetahui sebuah link, dengan cara mendekatkan mouse pada gambar atau teks yang dimaksud.
13.   ISP
Suatu perusahaan penyedia jasa layanan koneksi internet.
14.   Program Dial Up
Program tersebut merupakan program yang terdapat pada computer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengetur koneksi computer dengan internet.
15.   Offline
Adalah kondisi dimana computer tidak terkoneksi dengan internet.
16.   Online
Adalah kondisi dimana computer terhubung dengan internet.
17.   Log On
Proses pemasukan ID dan Password.
18.   Log Out
Proses keluar dari sebuah halaman web.
19.   Protocol
Adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya aturan untuk mengirimkan pesan ke computer lain, mengirimkan e-mail dan lain-lain.
20.   HTTP (Hyper Text Transfer Protokcol)
Adalah sebuah protocol untuk melakukan pertukaran informasi di internet. Computer server menerima file HTML dari sebuah client menggunakan protocol HTTP.
21.   Download
Proses pengambilan sebuah file oleh computer user dari sebuah server di internet.
22.   Upload
Adalah proses penempatan file  dari computer user ke sebuah server di internet (kebailkan dari download.
23.   Freeware
Adalah program yang ditempatkan di internet dan boleh digunakan secara gratis. Siapapun bias mendownload dan menggunakan program-program yang bersifat freeware.
24.   Shareware
Adalah program di internet yang dapat digunakan dan di download dalam jangka waktu tertentu. Jika ingin bisa menggunakan secara terus-menerus maka harus dibeli.
25.   GIF (Graphical Interchange Format)
Merupakan format gambar yang berukuran kecil, sehingga file GIF sering digunakan dalam internet.
26.   JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Merupakan format gambar yang digunakan pada internet yang juga memiliki ukuran kecil, file JPEG juga mempunyai ukuran yang lebih kecil tetapi memiliki warna yang lebih banyak disbanding file GIF.
27.   SPAM
Adalah pengriman pesan yang tidak diinginkan seperti e-mail yang tidak penting, e-mail berantai dan segainya.
Sumber:  http://carabelajarteknologikomputer.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar