Seringkali kita berpikir bahwa untuk memasukkan file Excel/tabel ke
dalam BLOG kita, kita hanya tinggal Copy Paste aja... Sama halnya dengan
file ketikan biasa. Pengalaman saya pun begitu sebelumnya. Ternyata,
setelah di Upload ke dalam BLOG, tabel tersebut menjadi acak-acakan
alias tidak tersusun dengan rapi sebagaimana yg kita lihat dalam file
Excel sebelumnya.
Nah berangkat dari pengalaman tersebut, saya ingin
berbagi sedikit pengetahuan dengan siapapun yg bermaksud untuk
mengUPLOAD file Excel'y ke dalam Blog-nya sendiri.
Berikut adalah langkah-langkahnya: (semoga berguna)
Langkah 1 : upload file ke google docs.
1. Silahkan login ke http://docs.google.com dengan account gmail anda.
2. Klik tab Upload yang berada di sebelah kiri atas layar monitor anda.
3. Klik tombol browse… di bawah tulisan Browse your computer to select a file to upload:
4. Masukan file yang ingin anda upload (word, excel, power point).
5. Klik tombol Upload File yang ada di sebelah bawahnya.
6. Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload semuanya (tergantung dari besarnya file serta kecepatan koneksi anda).
7. Jika sudah ter_upload, anda bisa mengeditnya jika mau.
8.
Klik tab publish yang ada di sebelah kanan atas layar monitor anda,
maka akan keluar tulisan “This document is not yet published”.
9. Klik tombol publish now yang ada di bawahnya.
10. Jika sudah selesai, lihat kembali ke bagian bawahnya!
11. Klik link bertuliskan More publishing options.
12. Setelah keluar window pop up, klik menu drop down di sebelah tulisan File format kemudian pilih HTML to embed a webpage.
13. Klik tombol Generate URL.
14. Copy kode HTMl yang di berikan, lalu paste pada notepad atau text editor lainnya.
15. Silahkan di close saja window nya.
16. Silahkan anda sign out dari google docs jika mau.
17. Selesai.
Langkah 2 : posting kode google docs ke blogger.
1. Silahkan login ke blog dengan ID anda.
2. Klik Posting Baru.
3. Silahkan anda buat postingan yang anda inginkan.
4. Ketika anda mau menyisipkan kode yang dari google docs, klik terlebih dahulu tab Edit HTML ( jangan yang compose)
5. Paste kode google docs yang ada di notepad tadi pada tempat yang anda inginkan.
6. Klik Tombol MEMPUBLIKASIKAN POSTING.
7. Silahkan lihat hasilnya.
8. Selesai.
eh.....nemu cara baru yang lebih praktis nich...caranya:
1. log on ke www.scribd.com.... kalo disuruh login, login aja dulu
2. setelah beres login, upload deh file yang mau di masukkan dalam postingan blog,,bisa berupa doc, xls, atau ppt.
3.
setelah proses upload beres, cari tombol "embedd" (adanya di bagian
kanan agak ke bawah), klik, muncul 2 pilihan link HTML. jangan klik yang
atas, tapi yang kedua. klik bagian "COPY" lalu PASTE dech di postingan
blog kamu.... rebes deh....
selain lebih praktis, tampilan
"tabel" (dlm excel) lebih terlihat ketimbang dengan menggunakan google
docs. dapat di download, di print and di share juga.
SELAMAT MENCOBA..... MARI KITA BERBAGI PENGETAHUAN....^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar