Senin, 05 Agustus 2013

Soal keybord

soal :

1. Sebutkan, jelaskan, dan cara kerja dari keyboard !

jawaban :

1. Keyboard PC atau Keyboard Komputer adalah papan ketik yang berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus, serta berfungsi untuk melakukan perintah perintah yang di perlukan seperti membuka dan menyimpan file. 
  
Penciptaan keyboard komputer itu berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham. 
  
Keyboard di HPdengan Keyboard di komputer mempunyai perbedaan dalam segi tata letak tombolnya. Keyboard yang digunakan oleh kita sekarang ini adalah jenis QWERTY. Pada tahun 1973, keyboard ini di resmikan sebagai standar ISO atau International Standar Organization. Keyboard jenis QWERTY memiliki jumlah tombol sebanyak 104 tuts dengan beberapa port yaitu port serial, ps2, usb, dan ada juga yg sudah menggunakan wireless atau bluetooth .. 

Menurut tata letak tombolnya keyboard komputer di bagi menjadi beberapa macam: 

1. Jenis QWERTY
Tata letak tombol ini di temukan oleh Scholes,Glidden, dan Soule pada kisaran tahun 1878 dan kemudian menjadi standart mesin ketik pada tahun 1905. 

2. Jenis DVORAK
Ketidakefisienan yg dijumpai pada tata letak tombol jenis QWERTY dicoba diperbaiki dengan tata letak DVORAK yangg dirancang kisaran tahun 1932. Tata letak tombol DVORAK menggunakan susunan papan ketik yang sama,tetapi susunannya dirubah sedemikian rupa yg membuat tangan kanan bekerja lebih banyak daripada tangan kiri. 

3. Jenis Alphabetik
Tombol tombol pada papan ketik Alphabetik ini sama persih dengan tombol jenis QWERTY dan DVORAK tetapi susunan hurufnya berurutan seperti susunan huruf Alphabeth. 

4. Jenis Klockenberg
Tata letak tombol ini dikembangkan dengan memasukan unsur Ergonomik atau kenyamanan kerja. Walaupun papan ketik ini tidak sepopuler seperti jenis QWENTY tetapi menggunakan tombol ini bisa mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan dan mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. 

5. Jenis Palantype
Papan ketik jenis ini memiliki tiga kelompok karakter tombol. Di bagian kiri menunjukan kelompok konsonan awal sebuah sebuah kata, bagian tengah menunjukan kelompok vokal,dan bagian kanan menunjukan kelompok konsonan akhir sebuah kata. Tetapi pada papan ketik jenis Palantype ini tidak seluruh konsonan dan vokal dalam alphabet ada di tombol ini. Kita harus menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada. 

6. Jenis Stenotype
Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seseorang. Papan ini mempunyai kelebihan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype.

Keyboard bekerja sebagai input device. Keycaps atau yang lebih dikenal dengan tombol berada dibarisan terdepan fungsional keyboard, melalui keykaps ini pengguna memasukan input-an–biasa dikenal dengan keystroke.
Keyboard memiliki beragam manufaktur, dan maka dari itu ia juga memiliki beragam metode penyampaian input. Umumnya pada saat tombol diketikkan–input, tombol yang terketik telah terselaraskan dengan papan key matrix–beberapa manufaktur menggunakan karet, dan beragam bahan lainnya, dimana key matrix tersebut terdiri atas character map. Untuk selanjutnya informasi tersebut dibawa untuk dikenali oleh processor. Processor memutuskan apakah itu sebuah ketikan karakter alphabeth, karakter unicode–dari beragam bahasa seperti: Thai; Chinese; Korean; ataupun Japanese; atau bisa jadi berupa shortcuts yang berlaku pada aplikasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar