Senin, 05 Agustus 2013

Materi kelas IX


UAS IMK


1.        A.
                    i.            Download atau yang dis ebut juga Unduh
Adalah proses menerima data (umumnya berbentuk berkas) dari sebuah sistem seperti server webFTP serverserver mail atau sistem serupa lainnya. Unduh juga merupakan kegiatan dimana seseorang dapat memperoleh file-file tertentu yang ada di internet. File yg dapat diunduh bermacam-macam. Ada yang berupa file video, mp3, document, dan lain-lain.
Contohnya: //www.4shared.com/

                  ii.            URL
URL singkatan dari Uniform Resource Locator (diterjemahkan:Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamatsuatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet.URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agarpenulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

                iii.            Link
Pranalapautan atau link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.
Contohnya: http://adf.ly/28vP

                 iv.            Subject Directory
Subject Directory adalah untuk mencari informasi di Web, kita langsung tahu alamat Web untuk situs tertentu, atau mencari topik yang menarik. Subject Directory membantu untuk meringankan masalah contohnya: INFOMINE, dari University of California, adalah contoh yang baik direktori akademik.
                   v.            Search Engine
Optimisasi mesin pencari (bahasa InggrisSearch Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volumedan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs webtertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besaruntukmendapatkanpengunjung.
Contohnya: Google, Yahoo, Amazon, Bing Dll.
                 vi.            Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
               vii.            Thumbnail
adalah image yang berukuran lebih kecil dari ukuran aslinya. Misalkan ukuran asli pixel dari suatu image adalah 1000×2000, dan misalkan kita buat thumbnail dari image tersebut dengan proporsi 50% dari image aslinya, maka akan diperoleh image dengan ukuran 500×1000 pixel.
Contohnya
 
viii.      Animation
Animasi adalah susunan gambar diam (static graphics) yang dibuat efek sehingga seolah-olah tampak bergerak itulah yang disebut animasi. Tulisan yang meluncur dari samping ke tengah layar, atau gambar yang dapat bergerak-gerak dari menghadap kiri berubah ke kanan atau gambar yang seolah-olah menunjukan gambar kartun yang sedang berlari-lari atau juga berjalan, itu adalah contoh animasi yang sederhana.
Contohnya:

                 ix.             Audio adalah Musik, pidato, atau suara lain. Masing-masing file suara terkompresi yang di-download dari Web ke komputer kita. Setelah di-download, kita dapat memutar (mendengarkan) isi dari file
>> contoh: mp3, midi, wav, wma

                   x.             Plugin adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.
>> Plugin Math Comment Spam Protection
Salah satu plugin anti komen spam yang cukup ampuh untuk mengurangi spam yang masuk melalui komentar, karena memang plugin anti spam semacam Askimet masih saja bisa ditembus oleh spam. Saya sudah membuktikan dengan memasang plugin ini akan mengurangi spam secara signifikan .
contoh aksi plugin ini : 

                    


B.
               i.     Portal
Adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.
Contohnya:

             ii.       News
Adalah komunikasi informasi tentang peristiwa terkini yang disajikan oleh media cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada pihak ketiga atau audiens.
Contohnya:

           iii.     Informational
adalah website yang berisi informasi faktual, dibuat oleh organisasi dan lembaga pemerintah.
Contohnya: www.pajak.go.id

            iv.     Bussiness/Marketing
adalah website yang mengandung konten yang mempromosikan produk atau jasa yang memungkinkan Anda untuk membeli produk atau jasa online.
>> http://kuncimarketing.com/ 




              v.     Entertaiment
adalah website yang menawarkan lingkungan yang interaktif dan menarik yang menampilkan musik, video, olahraga, permainan, dan banyak lagi.
Contohnya: 
               
       vi.          Advocacy
adalah website yang mengandung konten yang menggambarkan suatu alasan, pendapat, atau gagasan.
http://www.opic.gov/insurance/project-profiles/advocacy-examples
 
          vii.     Blog

merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
contohnya: Blogger, Dagdigdug dll.



        viii.            Wiki
adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.
 http://wiki.musicontology.com 

           ix.            Content Agregrator
               adalah sebuah bisnis yang mengumpulkan dan mengatur konten Web dan kemudian mendistribusikan,    atau feed, konten untuk pelanggan secara gratis atau dengan biaya.
http://www.drudgereport.com/
             x.            Personal
adalah halaman web yang dikelola oleh individu swasta. Alasan: berbagi pengalaman hidup dengan dunia atau berburu pekerjaan.
  http://jenepher.com/
 

Jawaban Soal 2
  
QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard. Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang dipakai pada kebanyakan keyboard komputer saat ini). 





  
Dvorak adalah susunan karakter yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak (seorang profesor dan psikolog pendidik di University of Washington di Seattle) dan William Dealey.
pada tahun 1936. Secara penelitian, susunan Dvorak lebih efisien dan efektif. Susunan huruf awalnya: ‘,.PYF, di mana dua karakter awal adalah tanda apostrof dan koma. Nama lain model Dvorak adalah Simplified Keyboard atau American simplified Keyboard. Namun karena ‘terlambatnya’ penemuan susunan ini, maka susunan Dvorak tidak populer di mata dunia karena susunan QWERTY mendominasi penggunaan keyboard dunia. Banyak perusahaan dan organisasi yang enggan mengubah standar keyboard mereka ke model Dvorak. Namun, model Dvorak tetap mendapatkan pengakuan dan ISO dari Amerika Serikat. 


Ø ABC model. Tidak seperti keyboard standar di mana tombol Q, W, E, R, T dan Y adalah enam kunci alpha pertama. Gaya ABC keyboard disarankan untuk digunakan oleh anak-anak, khususnya yang usia 2- 6, yang baru belajar alfabet, dan juga para pengguna yang tidak terbiasa dengan tata letak mesin ketik QWERTY tradisional. Beberapa ABC keyboard juga menggunakan tombol multi-berwarna, yang bahkan berpotensi lebih bermanfaat bagi pengguna awal. 





Jawaban Soal 3
Bagian A 
Monitor Catoda Ray Tube (CRT)
Monitor ini merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar, sehingga tercipta gambar di layar seperti cara kerja di televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3 baris. 

Monitor LCD ( Liquid Crystal Display )
Sebuah monitor LCD menggunakan teknologi sejenis kristal liquid yang dapat berpendar,bukan lagi menggunakan tabung elektron seperti yang digunakan oleh monitor jenis CRT.Teknologi yang dihasilkan berupa monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel.Display dengan layar berbentuk pipih dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT.Karena mampunyai bentuk yang pipih,monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer–komputer portable.

 

 Monitor Plasma
Monitor berjenis plasma merupakan inovasi baru dari teknologi yang digunakan oleh Monitor.Dengan menggabungkan teknologi CRT dan LCD dapat menghasilkan teknologi yang membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar teknologi CRT.Teknologi plasma gas juga menggunakan fosfor seperti pada teknologi CRT,tetapi layar pada plasma gas dapat berpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar.Hal ini membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT.Kontras warna yang di hasilkan pun lebih baik dari monitor CRT.Monitor dengan teknologi Plasma Gas ini dapat kita jumpai di berbagai pertunjukan,jika kita lihat ada monitor raksasa,itulah monitor yang menggunakan teknologi plasma gas. 







Light-Emitting Diode (LED) atau dioda cahaya organik adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. LED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm. Teknologi LED ditemukan oleh ilmuwan Perusahaan Eastman Kodak, Dr. Ching W. Tang pada tahun 1979. Riset di Indonesia mengenai teknologi ini dimulai pada tahun 2005. OLED diciptakan sebagai teknologi aternatif yang mampu mengungguli generasi tampilan layar sebelumnya, tampilan kristal cair (Liquid Crystal Display atau LCD). LED terus dikembangkan dan diaplikasikan ke dalam piranti teknologi tampilan. 

Bagian B Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet. 

Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer. 
Thermal printer (atau direct thermal printer) menghasilkan gambar yang dicetak oleh pemanasan selektif dilapisi thermochromic kertas, atau kertas termal seperti yang umumnya dikenal, ketika melewati kertas termal print head. The coating turns black in the areas where it is heated, producing an image. Lapisan berubah menjadi hitam di daerah-daerah di mana dipanaskan, menghasilkan gambar. Two-color direct thermal printers are capable of printing both black and an additional color (often red ), by applying heat at two different temperatures . Dua-warna langsung thermal printer yang mampu mencetak, baik hitam dan tambahan warna (biasanya merah), dengan menerapkan panas pada dua suhu. 


Printer Laser Jet. Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi.Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit.Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal. 
Plotter adalah printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga bisa dikatakan sebagai perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering. Head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak ke atas kertas gambar untuk menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. Secara umum, bagian yang ada di dalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad). Flatbad plotter dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menelusuri permukaan kertas guna menghasilkan gambar. 





No. 4      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar