Sabtu, 20 Oktober 2012

Tips Memasukkan Rumus Excel


Tips Memasukkan Rumus Excel

Posted: August 15th, 2011 | Author: | Filed under: Microsoft Excel | Tags: , Ada beberapa tips yang perlu Anda tahu mengenai rumus/fungsi Excel.
Cara memasukkan sebuah fungsi/rumus Excel ke dalam suatu sel :
1. Letakkan pointer pada sel.
2. Tekan tanda sama dengan(=), lalu nama fungsi yang digunakan (nama fungsi boleh huruf besar atau kecil), dan tanda kurung buka (.
Contoh : =DATE(
3. Tanda kurung buka ( akan mengaktifkan syntax fungsi sehingga kita tahu parameter apa saja yang perlu diisi. Anda juga bisa menekan Ctrl + Shift + A untuk mengeluarkan syntax fungsi dan semua parameter yang harus diisi.
4. Isilah semua parameter yang diperlukan. Jika isi parameter berupa nama sel ataupun range, Anda bisa menggunakan mouse untuk mengklik sel/range yang dituju, lalu tekan koma(,) untuk pindah ke parameter berikutnya.
5. Tekan Enter jika sudah selesai. Atau tekan Esc jika Anda batal memasukkan fungsi.
6. Jika Anda lupa atau bingung tentang suatu fungsi, langsung saja tekan F1 untuk bantuan Excel.
Insert Function Dialog Box
Cara lain memasukkan formula ke dalam sel adalah dengan memilih tab Formula lalu Insert Formula. Dengan cara ini, Excel akan menampilkan kotak dialog Insert Function. Silakan dicoba, mana yang lebih cocok untuk Anda.
Membuat alamat sel Absolut
Dalam mengisi suatu parameter fungsi, seringkali kita harus memasukkan alamat sel yang tetap. Tetap di sini artinya alamat sel tidak akan berubah meskipun kita mengcopy kan fungsi itu ke sel lain. Alamat sel yang tetap itu disebut alamat sel absolut. Caranya : kita menekan tombol F4 di alamat sel yang akan kita jadikan absolute. Alamat sel absolute ditandai dengan tanda string ($) di depan alamat sel. Tanda string juga bisa didapat dengan menekan Shift 4.
Contoh : sel C5 diberi tanda string menjadi $C$5.
Bisa juga yang tetap hanya kolom atau hanya baris suatu sel. Sel C5 menjadi $C5 (kolom C tetap, baris berubah) atau C$5 (kolom berubah, baris 5 tetap).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar