Sabtu, 05 Januari 2013

Komputer dan Komponennya

Komputer merupakan alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Komputer merupakan perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolah tersebut.
Untuk mencapai fungsi komputer sebagai produk teknologi yang canggih, unit komputer terdiri dari bagian-bagian pengguna (user atau brainware), perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software). Begitu pentingnya suatu komputer untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari selayaknyalah kita mulai mengikuti perkembangan komputer.
Sebelum mempelajari cara menghidupkan komputer dan mematikan komputer, terlebih dahulu kita harus mengenal berbagai port (penghubung) komputer dengan peralatan input atau output komputer. Hal ini dimaksudkan agar dalam menghidupkan dan mematikan komputer tidak terjadi permasalahan serius yang tidak diinginkan.
Secara fisik, perangkat-perangkat dasar komputer terdiri atas CPU, monitor, keyboard dan mouse. Adapun perangkat tambahan dapat berupa printer, scanner, modem dan lain sebagainya. Sebelum anda dapat merangkai komputer, Anda perlu mempelajarai komponen-komponen yang ada dalam perangkat komputer seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Bagian paling penting pada sistem komputer adalah CPU (Central Processing Unit). Bagian ini biasanya berupa kotak yang bagian depan dan bagian belakangnya perlu kita kenali dengan baik. Bagian depan kota CPU digunakan untuk menempatkan tombol power, tombol reset, lampu LED indikator, dan tempat pembaca CD/DVD atau disket. Bagian belakang CPUdigunakan untuk menempatkan berbagai jenis port dan colokan yang menghubungkan komputer denga berbagai macam periferal. CPU merupakan system unit/konsol yang memiliki beberapa port. Port I/O (Input/Output) merupakan port atau tempat dipasangnya connector dari peralatan I/O, dimana setiap port I/O di bawah kontrol CPU. Port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, modem dan periferal lainnya. Kesalahan pemasangan dapat menyebabkan tidak berfungsinya komputer. Oleh karena itu, pemasangan port harus sesuai dengan posisinya.
Agar dapat menghidupkan dan mengaktifkan komputer, maka kita harus memastikan bahwa kabel monitor, mouse, keyboard, printer dan kabel power sudah terhubung dengan tepat dan benar pada konektornya masing-masing.
Macam-macam Port I/O (Input/Output)
1. Port Paralel (LPT1 atau LPT2) untuk Printer
Port paralel mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan standard 200 Kb/detik, kabel konektor adalah 25 pin. Peralatan yang menggunakan port ini adalah printer dan scanner, joystick, dan game pad.
cbscon_pc_parallelport.jpg







2. Port Serial (COM1 dan COM2) untuk monitor
Port serial mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan lebih rendah/kecil dibandingkan dengan jenis port paralel. Kabel konektor untuk port COM1 adalah 9 pin dan untuk COM2 adalah 25 pin. Peralatan yang menggunakan port ini adalah monitor dan modem dial-up.
port serial





3. Port PS/2 (Personal System/2) untuk Keyboard dan Mouse
Yaitu port untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Pada komputer seri terbaru, port PS/2 sudah mulai diganti dengan port USB.
port ps2



4. Port USB
Universal Serial Bus (USB) adalah port universal yang dapat menghubungkan berbagai peralatan ke komputer.
Perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer melalui port USB antara lain mouse, keyboard, printer, flashdisk, handphone, PDA, scanner, modem dan lain-lain.







5. Port Jaringan
Port jaringan yaitu port yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan komputer. Ada dua jenis port jaringan yang biasanya terpasang pada komputer, yakni port jaringan dengan konektor RJ-45 dan port modem RJ-11. Port jaringan (Modem dan LAN Card).






6. Port Ekspansi
Port ekspansi digunakan untuk menambahkan perangkat-perangkat tambahan seperti VGA card, TV Tuner, HDMI dan Fireware.





7. Port Audio
Port audio berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti tape, radio, speaker dan lain-lain.






Selain port-port tersebut, pada bagian depan CPU terdapat komponen-komponen :
  1. Tombol Power untuk mengaktifkan komputer
  2. Tombol Reset untuk me restrart atau mem booting ulang komputer
  3. Floppy drive 3.5" untuk membaca dan menyimpan data ke disket ukuran kecil
  4. Front Port (Port bagian depan) yang terdiri dari port audio dan port USB.
  5. Hardrive LED atau lampu indikator harddisk yang memberi tanda pada saat harddisk bekerja
  6. Hrdrive CD/ROM untuk membaca CD, atau drive DVD-ROM untuk membaca DVD
Setelah mengetahui bagian-bagian penting pada kotak CPU, maka proses merangkai bagian-bagian komputer satu persatu. Sebelum memasangnya, perlu diperhatikan :
  1. Semua hardware komputer telah disiapkan dan tersusun secara baik letaknya
  2. Tegangan listrik mencukupi dan stabil
  3. Peralatan listrik dan kabel dalam keadaan baik dan aman digunakan
Untuk menghubungkan berbagai peralatan ke port perhatikan langkah-langkah berikut :
  1. Hubungkan mouse ke port PS/2 jika menggunakan mouse jenis PS/2 dan CPU masih mendukung port PS/2. Atau hubungkan kabel mouse ke port USB jika mouse menggunakan port USB.
  2. Hubungkan Keyboard ke port PS/2 jika anda menggunakan keybord PS/2, atau hubungkan keyboard ke port USB jika menggunakan keyboard USB.
  3. Pasanglah kabel monitor ke port VGA dan kabel daya monitor ke sumber arus listrik
  4. Pasanglah kabel speaker ke audio port (output)
  5. Pasanglah kabel printer ke port USB jika printer anda menggunakan port USB atau ke port parallel jika printer menggunakan port parallel.
  6. Hubungkan kabel daya ke colokan power supply dan colokkan ke stopkontak. Pastikan tombol power terpasang dengan benar.
Langkah-langkah di atas adalah prosedur standar. Jika menggunakan peralain lain seperti scanner, modem, harddisk eksternal dan lain-lain maka harus menghubungkan peralatan-peralatan tersebut melalui kabel dan port yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar