Minggu, 09 September 2012

Prinsip Kegunaan Interaksi Manusi Dengan Komputer



PRINSIP KEGUNAAN INTERAKSI MANUSIA – KOMPUTER



Prinsip User Interface
Kategori yang harus dimiliki oleh User Interface adalah:
• Pembelajaran
Dukungan untuk pembelajaran bagi pengguna dari semua tingkat
• Fleksibel
Dukungan untuk mempresentasikan beberapa cara untuk mengerjakan suatu tugas
• keamanan
Dukungan untuk pemulihan system jika terjadi error.


1. Prinsip Pembelajaran
Kemudahan pengguna baru agar dapat memulai interaksi efektif dan mencapai kinerja maksimal
Prediktabilitas
User dapat menerka apa yang program tersebut bisa lakukan hanya dengan melihat interface dari system.
Kemampuan Synthesiz
Dukungan untuk pengguna dalam menilai dampak operasi pada masa lalu terhadap sistem yang sekarang
Keakraban
User Interface tidak terlalu asing bagi user yang baru pertama kali mencoba
Generalisasi
Penyamarataan konsep dari semua system yang digunakan. Contoh : copy, paste, cut di semua system mempunyai kegunaan yang sama.
Konsistensi
Kemiripan perilaku antara tugas-tugas serupa / operasi / situasi Dalam hal-hal yang berbeda seperti tata letak layar.

2. Prinsip Fleksibilitas
Banyak cara suatu system dan pengguna bertukar informasi
Dialog Initiative
Tidak menghambat pengguna dengan menempatkan batasan tentang bagaimana dialog dilakukan

~ Pengguna pre-emptive
Pengguna memprakarsai tindakan system seperti ini Lebih fleksibel, umumnya lebih diinginkan oleh user
~Sistem pre-emptive
Sistem melakukan semua petunjuknya, pengguna hanya mengikuti instruksi yang di berikan oleh system. System seperti ini Kadang-kadang diperlukan
Multithreading
Memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu
Ada 2 jenis multithreading
~ Concurrent
Input ke beberapa tugas secara simultan
~Interleaved
Banyak tugas, tapi masukan ke satu per satu
Tugas migratability
Kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas (user atau sistem) yang dapat melakukannya dengan lebih baik
Substitutivity
Fleksibilitas dalam rincian operasi
~ Memungkinkan pengguna untuk memilih metode interaksi yang cocok
~ mengijinkan cara yang berbeda untuk melakukan tindakan, menentukan data, konfigurasi
~ mengijinkan berbagai cara untuk menyajikan output sesuai tugas & pengguna
Customizability
Kemampuan user untuk merubah interface

3. Prinsip Ketahanan
Mendukung pengguna dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian
Observability
Pengguna dapat menentukan keadaan internal sistem
Recoverability
Kemampuan untuk mengambil tindakan korektif dari suatu kesalahan
~ Kesulitan prosedur pemulihan harus berhubungan dengan kesulitan dari perintah
~Forward recovery
Kemampuan untuk memperbaiki ketika kita tidak dapat membatalkan
~Backward pemulihan
Dapat meng-undo kesalahan yang dibuat
Responsif
Persepsi pengguna dari komunikasi dengan sistem
~ Response time
Task conformance
System mendukung aktifitas user sesuai dengan harapan user

Tidak ada komentar:

Posting Komentar